Merancang ruang kantor perusahaan biasanya identik dengan efisiensi biaya dan tempat. Banyak Perusahaan biasanya menghemat uang dengan membeli furniture semurah mungkin dengan jumlah besar dan mengatur dengan desain interior yang boros. Namun, saat ini Perusahaan perusahaan modern menemukan ide bahwa desain interior kantor memiliki efek positif atau negatif terhadap kinerja pekerja tergantung pada desainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa desain interior yang pas membawa pengaruh positif dan pada akhirnya menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

Artikel di bawah merinci efek psikologis di balik desain interior kantor untuk meningkatkan produktifitas kerja. Beberapa perusahaan merubah desain perusahaannya ternyata telah memperoleh manfaatnya. Anda mungkin juga dapat merubah ruang kerja pribadi untuk meningkatkan suasana hati dan produktifitas kerja. Berikut idenya untuk Anda.

Ruang kerja terbuka meningkatkan komunikasi antar karyawan

Di masa lalu, ruang kantor didesain dengan cara umum yang sama, tidak peduli perusahaan apa. Semula kantor didesain dengan sekat-sekat dan bilik-bilik. Karyawan manajemen harus menikmati hak istimewa dengan ruang kerja yang berpintu, dan CEO memiliki ruang kerja yang megah dengan pemandangan indah. Namun, saat ini, desain kantor tersebut menjadi desain masa lalu.

Saat ini desain interior kantor memiliki ruang kerja yang panjang dan lebar, di mana karyawan baru dan CFO berpotensi bekerja side-by-side. Bahkan ruang rapat, meskipun tertutup, biasanya memiliki dinding kaca. Konfigurasi kantor seperti ini sudah banyak diterapkan pada perusahaan besar seperti twitter, google dan facebook.

Apa manfaat dari semua keterbukaan ini? ya komunikasi. Penelitian telah menunjukkan fakta bahwa para pekerja lebih mungkin untuk berkomunikasi satu sama lain dan memecahkan masalah jika mereka telah berbaur dan berinteraksi sosial. Manfaat lain kantor dengan ruang kantor terbuka adalah: jelas dan akuntabilitas. Tanpa dinding atau pintu padat, pekerja mengalami semacam “akuarium” dan lebih mungkin untuk tetap fokus pada tugas di tangan.

Sentuhan Personal dapat Meningkatkan Semangat Kerja

Kita semua memiliki satu atau beberapa rekan kerja yang membawa kehidupan rumah ke kantor. Entah itu cerita anak-anak memasang gambar wallpaper yang mengundang perdebatan. Sementara beberapa orang mungkin berpikir tentang barang-barang pribadi untuk ditempatkan di meja kerja.

Mahasiswa psikologi dari University of Exeter melakukan penelitian dan mempelajari sebuah perusahaan lokal. Dia membagi pekerja menjadi empat kelompok: satu kelompok tidak diizinkan untuk personalisasi bilik kerja sama sekali, yang diizinkan untuk menghias dinding tanpa konfigurasi ulang furnitur, satu diperbolehkan untuk mengkonfigurasi ulang namun mereka menyukainya, dan kelompok terakhir yang diberikan kebebasan untuk menghias ruang kerja namun akhirnya dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan aturan.

Mengherankan, kelompok yang mampu mengkonfigurasi ulang bilik kerja mereka menunjukkan hasil yang paling positif. Mereka dilaporkan mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, organisasi, dan produktivitas.

Cahaya Alami dapat Meningkatkan Produktifitas Kerja

Apakah ada sesuatu yang lebih menyedihkan daripada lampu kantor kepala? Ini hampir seolah-olah suara yang berdengung jelas yang terbakar didalam otak dan terkait dengan jam kerja yang panjang seolah-olah ingin mengajukan cuti akibat sakit. Namun, perusahaan-perusahaan dengan cepat menemukan bahwa jika mereka ingin menjaga karyawan mereka tetap sehat, mereka harus meninggalkan ruang dengan cahaya lampu dan membiarkan sinar matahari masuk.

Sebuah studi terbaru dari Northwestern Medicine dan University of Illinois di Urbana-Champaign membandingkan kesehatan secara keseluruhan pekerja yang memiliki kantor dengan jendela (ada sinar matahari yang masuk) dibandingkan mereka yang memiliki kantor dengan cahaya dari lampu. Mereka menemukan bahwa karyawan dengan jendela pada ruang kerja memiliki produktifitas lebih tinggi.

Banyak perusahaan sudah mulai menggunakan taktik desain ini untuk mendorong karyawan lebih produktif. Bagaimana dengan anda? Periksa ruang kerja anda untuk membuat diri Anda lebih bahagia dan lebih bermanfaat. Apakah tempat kerja Anda sudah menggunakan salah satu dari layout diatas? Semoga tulisan tentang desain interior kantor untuk meningkatkan produktifitas kerja dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *