JASA DESAIN & PEMBUATAN BERBAGAI MODEL & BENTUK KITCHEN SET


https://web.facebook.com/pg/gressjasadesaininteriorarsitekturkontraktor/

Kami Melayani Pembuatan Berbagai Jenis, Model & Ukuran Kitchen Set Untuk Rumah Tinggal , Apartemen , Kafe / Resto , Perkantoran , Rumah Makan Dan Lainnya Dengan Dapat Menggunakan Bahan Seperti Multi , Kayu Solid , Dll, 

Kitchen Set merupakan seperangkat furnitures yang berbentuk lemari kabinet yang berguna untuk menyimpan alat-alat dan perlengkapan dapur. Kitchen Set dibuat sebagai media atau sarana untuk keperluan memasak (cooking) di dalam sebuah dapur rumah yang dilengkapi dengan peralatan masak memasak.


Merancang desain Kitchen Set sama halnya seperti merancang bagian-bagian ruangan lain di dalam rumah yang juga membutuhkan design serta penataan yang pas dan serasi, sebab apabila kurang tepat dalam mendesain sebuah kitchen set, bisa mempengaruhi keindahan rumah khususnya ruangan dapur serta mempengaruhi mood.
Dapur sebagai sebuah ruangan yang sangat penting harus fungsional dimana posisi elemen dan peralatan dapur diletakkan dan disimpan di tempat yang sesuai dengan keinginan, sehingga ketika ingin melakukan aktivitas memasak bisa berlangsung dengan nyaman dan aman.
Elemen Bagian-Bagian Pada Kitchen Set umumnya terdiri dari Table Top yaitu meja yang berfungsi sebagai tempat persiapan kita sebelum memasak, seperti memotong sayur, daging dan lainnya, disarankan anda sebaiknya memilih table top anti gores, kemudian Kompor yang berdasarkan tata letaknya dibagi menjadi 3 macam, yaitu kompor yang diletakkan berdiri free standing cooker, kompor yang ditanam built in cooker serta kompor portable/konvensional, kemudian Kitchen Sink sebagai tempat mencuci peralatan dapur yang kotor dengan bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan model kitchen set, Laci/Rak sebagai tempat penyimpanan bumbu masak, Lemari Kabin (Lemari Atas) yang berfungsi sebagai tempat menyimpan piring, sendok, garpu, mangkok, gelas dan aksesoris penunjang masak yang ringan, serta Lemari Bawah yang berfungsi menyimpan peralatan dengan bobot yang lebih berat seperti panci, tempat gas, ada juga sebagian yang memakai Microwave sebagai alat penghangat makanan supaya tidak mudah basi serta ada juga Cookerhood yang merupakan alat yang berfungsi sebagai penyedot asap untuk menjaga kualitas udara ada ruangan dapur dan lain-lain.
Dengan perkembangan sarana memasak yang mana segalanya ingin lebih praktis, kini kitchen set sering digabungkan jadi satu dengan tempat lemari es/kulkas, dispenser, bahkan juga televisi bisa dimasukkan ke dalam perangkat furniture pada kitchen set.
Tipe Kitchen Set dibedakan menjadi 2 macam, yang pertama adalah Kitchen Set Untuk Dapur Basah dan Kitchen Set Untuk Dapur Kering atau Pantry. Umumnya Pantry dipakai untuk tempat memanaskan masakan yang telah siap saji sehingga penempatan pantry tersebut diletakkan pada areal yang menyatu dengan ruangan makan/dining room agar lebih mudah dalam cepat dalam mendistribusikan makanan. Pantry bisa juga digabung dengan mini bar.
Faktor yang sangat penting lainnya adalah menentukan ukuran kitchen set, sehingga akan bisa menghitung dan menentukan berapa banyak peralatan yang bisa dimasukkan pada kitchen set, ukuran besar kecil peralatan dan juga menyisihkan space kosong yang mungkin akan diperlukan sewaktu-waktu. 
Kitchen Set minimalis saat ini cukup digandrungi masyarakat, sebab bentuk dan desainnya simpel, elegant, mudah dalam perawatan, relatif lebih hemat biaya bahan dan untuk itu bisa menggunakan Top Table Kitchen Set dengan bahan solid surface. Bentuk dan ukuran kitchen set yang kecil difungsikan menempatkan atau menyimpan peralatan yang lebih sederhana dan compact dalam rangka menghemat space atau ruangan, namun ada desain kitchen set yang dirancang menyesuaikan dengan ukuran tubuh seseorang, dimana ukuran kitchen set nya disesuaikan dengan ukuran tubuh pemilik rumah supaya nyaman dalam melakukan aktivitas di dapur dengan catatan mempertimbangkan aspek ratio daripada besar ruangan yang ada serta fungsi peralatan yang terintegrasi pada sebuah kitchen set, baru selanjutnya  mengorganisir masing-masing fungsi dan peralatan apa saja yang harus disediakan. Ukuran yang paling banyak dipakai contohnya untuk ketinggian kabinet utama yang berisi kompor dan tempat memotong bahan makanan biasanya 80 an centimeter dengan ketebalan 70 – 90 cm.

Tahap Mendesain Kitchen Set

Untuk mendesain sebuah kitchen set memang harus memperhatikan daripada tata letak dan ukuran dimensi yang tepat supaya fungsinya dapat dimaksimalkan, oleh karena itu aspek terpenting dalam mendesain interior dapur adalah kita harus membuat desain kitchen set yang fungsional, efisien, menyenangkan dan nyaman dalam melakukan aktivitas masak memasak.

Ada 3 prinsip yang sebaiknya diperhatikan dalam mendesain sebuah kitchen set, yaitu :

  • Konsep Tradisional Segitiga Kerja (Work Triangle) yang membagi tiga titik utama dari sebuah dapur, yakni Cleanup atau tempat bersih-bersih yang meliputi sink & mesin cuci piring, tempat untuk meletakkan piring kotor, kran air, tempat sabun serta tempat piring-sendok-gelas untuk kebutuhan rutin. Berdekatan dengan tempat bersih-bersih adalah lemari es atau kulkas. Mixing atau tempat meracik harus tertata dan cukup dekat dengan alat masak yang paling sering digunakan (pisau, telenan, mangkuk, dsb), selanjutnya Cooking Center yang meliputi kompor serta tempat sementara untuk masakan panas, Kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan diletakkan tidak jauh dari kompor dan kulkas. Sistem ini disebut dengan Segitiga Kerja yang dirancang terintegrasi lebih dekat, sebab apabila tiga hal ini berjarak terlalu jauh, pekerja dapur atau ibu rumah tangga harus bekerja lebih berat karena harus banyak melangkah atau jalan, tapi sebaliknya jika terlalu dekat, titik-titik kesibukan kerja dapur bisa menjadi tumpang tindih  atau crowded.
  • Konsep Modern Multiple Working Centres dengan desain dapur yang lebih modern atau island layout, yang berasumsi dengan banyaknya orang karena kesibukan kerja dan cenderung memilih makanan yang semi siap saji, bumbu jadi, makanan kaleng, makanan siap goreng atau rebus dan lain-lain. Disamping itu keluarga modern yang beranggapan, siapa pun bisa bekerja atau memasak sendiri di dapur, tidak terbatas hanya ibu rumah tangga atau pembantu rumah. Jadi suami dan anak-anak yang sudah mengerti memasak bisa mengakses dapur dengan leluasa. Pada dapur jenis ini ditambahkan satu fungsi sebagai tempat saji, yaitu tempat menata makanan panas yang selesai dimasak sebelum disajikan ke meja makan, atau juga tempat memasak kue. Dengan asumsi tsb para desainer mengembangkan konsep island layout, dimana pada layout ini, Counter Top seperti top table, granit, marmer, takon dan lainnya diletakkan di tengah dan menciptakan space yang lebih banyak untuk meracik dan menyiapkan makanan.
  • Standard Layout, di bawah ini akan digambarkan standard layout kitchen set dengan berbagai bentuk yang berbeda, ada bentuk garis “I” (one-wall), U dan L. Bentuk I merupakan bentuk yang paling tidak ideal, akan tetapi jika kondisi tidak memungkinkan, perhatikanlah urutan standard layout yang berbentuk I, yaitu lemari es, sink, tempat meracik dan kompor. Bentuk U adalah bentuk yang paling ideal dan cocok, karena itu bentuk ini mengkonsentrasikan area kerja dalam ruang yang kompak dengan sedikit traffic, sementara bentuk L adalah bentuk yang sederhana dan efisien khususnya jika dapur tidak memungkinkan berbentuk U. 

Layout Kitchen SetCara Menghitung Ukuran Dan Biaya Kitchen Set

Untuk menghitung biaya pembuatan kitchen set dilihat dari beberapa aspek, yakni :

  • Desain Kitchen Set
  • Jenis bahan material dasar kitchen set
  • Jenis Finishing Kitchen Set  
  • Besar atau ukuran kitchen set yang akan dibuat 

Setelah kita menentukan hal tersebut, kemudian akan diperoleh patokan masing-masing harga per meter larinya. Per meter lari adalah satuan panjang total bidang terluar kitchen set nya lalu dikurangi lebar kedalamannya.
Harga per meter lari kitchen set hanya merupakan harga lemari kabinetnya dengan material pilihan dasar dan jenis finishing termasuk pemasangan jadi tidak dan belum termasuk harga peralatan dan asesorisnya seperti microwave, cookerhood, kompor gas, kulkas, lampu, table top, dan lain-lain.

Asumsi Perhitungan Biaya Kitchen Set per meter lari :

  • Dengan material dasar multiplek, desain minimalis dan finishing dengan tempel takon sheet/decosheet adalah berkisar 1,5 jt – 1,9 jt
  • Dengan material dasar multiplek desain minimalis serta finishing dengan cat melamik berkisar 2 jt – 2,7 juta per meter lari
  • Dengan material dasar multiplek, desain minimalis dan finishing dengan cat Duco, range harga 2,2 jt – 2,9 per meter lari
  • Dengan material dasar multiplek desain minimalis dan finishing dengan HPL berkisar 2 juta – 3,5 juta per meter lari (harga bahan HPL harganya bervariasi dari 400 rb – 1,5 jt per lembarnya.

Contoh 1 Asumsi Dapur sudah ada cor coran Table Top, menggunakan finishing HPL dengan biaya per meter lari Rp. 2 juta.

  •  Bagian Atas : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,4 meter (lebar kabinet bagian atas) : 3,2 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6,4 juta
  • Bagian Bawah : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (lebar kabinet bagian bawah) : 3 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6 juta
    • 6 juta x 0,8 (angka pengali karena bagian bawah tidak full partisi & sudah ada cor coran) = Rp. 4,8 juta 

Jadi Total Biaya Pembuatan Kitchen Set dengan asumsi gambar di atas adalah : Bagian Atas + Bagian Bawah Rp. 6,4 juta + Rp. 4,8 juta – Rp. 11,2 juta.
Contoh 2 Asumsi Kondisi Dapur kosong belum ada cor coran semen dan keramik, Table Top menggunakan granit alam star white, Finishing menggunakan HPL dan bahan dasar teakblock 18 mm dengan harga per meter lari Rp. 2 juta.

  • Bagian Atas 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,4 meter (lebar kabinet bagian atas) : 3,2 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6,4 juta 
  • Bagian Bawah : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (lebar kabinet bagian bawah) : 3 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6 juta
    • Table Top granit alam star white Harga Rp. 1,5 juta per meter lari 
    • 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (bagian pojok dinding) = Rp. 3 meter x 1,5 juta = Rp. 4,5 juta

Jadi Total Biaya Pembuatan Kitchen Set dengan asumsi Contoh 2 diatas adalah = Bagian Atas + Bagian Bawah + Table Top Granit : Rp. 6,4 juta + Rp. 6 juta + 4,5 juta = Rp. 16.900.000,-Note : 

  • Harga granit per meter larinya bervariasi tergantung jenis dan motif
  • Harga tersebut merupakan simulasi, kondisi harga bisa berubah tergantung perkembangan perubahan harga material.

Kami menyediakan jasa pembuatan kitchen set yang didudukung oleh Arsitek, aplikator atau tukang yang sudah berpengalaman dan siap membantu Anda memberikan pelayanan terbaik muali dari desain, handling dan penyetingan dan hasil kerja yang sesuai dengan desain yang telah diajukan dan disepakati.
Untuk pemesanan Kitchen Set dari kami, caranya sbb :

  • Survey, marketing sekaligus surveyor akan membantu anda memberikan informasi seperti jenis bahan, jenis finishing, perhitungan harga dan melakukan pengukuran
  • Desain, dikerjakan setelah melakukan survey dan pengukuran
  • Penawaran Harga, ketika desain sudah disetujui, kemudian selanjutnya kami mengajukan penawaran harga sesuai dengan desain yang telah disepakati 
  • Pengukuran Ulang, setelah anda menyetujui harga, dan dilanjutkan dengan pembayaran DP 50 %, maka tim kami akan melakukan pengukuran ulang
  • Proses Pengerjaan (Produksi), dimana untuk proses pembuatan kitchen set kondisi normal membutuhkan waktu lebih kurang 2 minggu terhitung setelah pengukuran ulang, kecuali jumlah yang diproduksi kuantiti nya banyak dan rumit, bisa membutuhkan waktu 21 hari
  • Penyetingan, pesanan sudah siap untuk dikirim, kemudian kami melakukan konfirmasi untuk mengatur skedul pengiriman sekaligus pemasangan  dan setting yang disaksikan oleh anda secara langsung.


Tips-Tips Dalam Memilih dan Membuat Kitchen Set :
Untuk membeli atau membuat kitchen set dapur ada 2 alternatif yang bisa anda pilih. Yang pertama membeli kitchen set jadi, pilihan ini beresiko jika ukuran kitchen set tidak sesuai dengan ruangan dapur yang telah disiapkan. Pilihan Kedua, adalah membuat atau menempah kitchen set dengan ahlinya, dan dengan menempuh langkah ini kesalahan pada pilihan pertama bisa dihindari, karena ukuran kitchen set akan disesuaikan dengan ruangan dapur anda.

  • Kitchen Set merupakan sebuah karya seni, sehingga harus dipastikan benar-banar penyedia jasa kitchen set memiliki jiwa seni dan skills dalam mengerjakannya. Kemampuan penyedia jasa dalam mengidentifikasi spesifikasi jenis bahan dan warna yang paling cocok sangat mutlak diperlukan. Anda boleh membandingkan sesama penyedia jasa kitchen set untuk desain dan opini dari masing-masing ahli
  • Kitchen Set merupakan perpaduan antara pekerjaan tukang kayu, tukang bangunan dan tukang listrik, sehingga dalam proses pengerjaannya harus melibatkan team yang kompeten, mulai dari tukang yang membobok dapur hingga tukang granit yang menstel granit agar sink bisa masuk, sehingga anda harus teliti dalam memilih penyedia jasa dan tukang
  • Lakukanlah Survey terlebih dahulu mengenai bahan, bentuk model, besaran biaya dalam pembuatan kitchen set. Anda bisa melihat pameran-pameran atau mengunjungi showroom jasa pembuatan kitchen set terlebih dahulu
  • Sebelum membuat kitchen set, pastikan jasa pembuatan kitchen set untuk dapur anda menggambar sketsanya sebelum anda mengapprove desain kitchen set tersebut.

Karena merancang kitchen set tidak jauh berbeda dengan mendesain rumah dan interior ruangan pada umumnya, maka jangan sampai kitchen set yang sudah mahal-mahal dibuat kurang maksimal dan membuat kita menyesal, maka 7 Kesalahan Dalam Merancang Kitchen Set yang harus dihindari, yaitu :

  • Emosional. Pemilik rumah mudah tergiur oleh tampilan indah nan wah, padahal ini belum tentu cocok untuk kondisi dapur pada rumah nya
  • Kurang Matang Mempertimbangkan Potensi Lokasi & Ventilasi. 2 aspek ini menjadi penting supaya fungsinya maksimal, lokasi ventilasi dan bukaan sebaiknya dipertimbangkan untuk menentukan desain yang sesuai dengan alur kerja dapur, berguna untuk kesehatan, kenyamanan dan keamanan
  • Tidak Merancang Secara Menyeluruh (Membuat Secara Tambal Sulam). Cara ini berbahaya, karena tambal sulam berpotensi membuat kitchen set belang-bonteng, ini bisa terjadi krn ketersediaan material kitchen set yang berbeda-beda. Syukur syukur jika material yang dibeli saat ini masih tersedia /ada yang jual ketika akan meneruskan pembuatan kitchen set kemudian hari
  • Salah Dalam Memilih Kitchen Apliances. Langkah ini sangat penting  terlebih lagi bagi anda yang ingin merancang kitchen appliances secara built in atau tertanam. Salah dalam memilih dapat berakibat pada kerusakan pada materialnya atau kerancuan pada desain kitchen set
  • Lebih Memilih Menekan Biaya Daripada Fungsi. Kondisi ini sangat sering terjadi pada pemilik rumah yang budget dananya pas-pasan, demi memiliki kitchen set yang mentereng bisa jadi mereka memilih menekan harga pembuatan, padahal dengan menekan harga semurah-murahnya, kualitas material pun menjadi lebih rendah sehingga kualitas kitchen set pun menjadi ikut rendah juga
  • Salah Memilih Produsen. Pilihlah produsen atau jasa pembuatan kitchen set yang terpercaya dan terbaik. referensi teman atau keluarga yang sudah merasakan kepuasan menjadi input berharga
  • Tidak Menggunakan Kitchen Set Sebagaimana Mestinya. Gunakan pada tempatnya & sesuai fungsi.


INFO FACEBOOK KAMI
https://web.facebook.com/pg/gressjasadesaininteriorarsitekturkontraktor/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *